Terbaru
recent

Puasa Senin Kamis


Sudah umum diketahui oleh umat muslim mengenai keutaman dari menjalankan ibadah puasa sunnah salah satunya adalah dengan melakukan puasa senin-kamis. Selain ingin mendapatkan ridha- serta pahala dari-Nya, puasa senin-kamis juga dijadikan salah satu ladang bagi umat muslim agar salah satu permohonannya dapat diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

Allah SWT bersabda dalam salah satu ayatnya mengenai hari dimana amalan kita akan dibuka dan dihadapkan pada Allah SWT, maka dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


تُعْرَضُالأَعْمَالُيَوْمَالاِثْنَيْنِوَالْخَمِيسِفَأُحِبُّأَنْيُعْرَضَعَمَلِىوَأَنَاصَائِمٌ

Artinya:“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi)

Keutamaan puasa senin kamis bagi umat muslim:
  • Ketenangan JiwaMenurut Imam Barakat Abdullah ba’lawiy Al-hadad, puasa memiliki ruh (jiwa) dan bentuk. Bentuk dari puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan bersetubuh mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari yang disertai dengan niat. Sedangkan ruh dari puasa adalah menahan diri dari melakukan perbuatan dosa dan perbuatan haram, serta mengerjakan amalan fardhu dan sunnah, seperti yang termaktub dalam QS. Al-Baqarah ayat 183 yang memiliki arti:
    “ Hai orang-orang yang berimanm diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah:183)”
  • Puasa senin – kamis akan menjadikan tubuh anda menjadi sehatPernyataan tersebut bukan hanya pernyataan tanpa penjelasan lo sobat. Dilansir dari halaman alodokter, ketika seorang menjalankan ibadah puasa setidaknya satu bulan sekali. maka anda dapat tidak rentan sekitar 58% lebih renda terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa. Selain itu bagi kesehatan, apabila anda menjalankan iabdah puasa maka dapat membantu menyehatkan bagian tubuh yang lainnya, seperti radang sendi, menghindar penyakit kulit, maupun radang usus besar.
  • Puasa senin – kamis merupakan puasa Baginda Rasullullah SAWDari Aisyah radhiallahu’anha ia mengatakan “Rasullullah Shalallahu ‘ alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari senin dan kamis” ( HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah. Imam Ahmad) Rasullullah SAW menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya “ Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan kamis, maka aku menyukai amal perbuatkanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa”. ( HR. At-Tirmidzi dan lainnya). Alasan lain mengapa hari senin dan kamis merupakan hari yang baik apabila #SobatLinda melakukan ibadah puasa, seperti hari tersebut merupakan hari dilahirkanya Rasulullah SAW dan hari Beliau diutus atau diturunkannya Qur’an kepada Muhammad SAW terjadi pada hari itu yaitu hari senin. (HR. Muslim)

Dalil anjuran puasa senin kamis:

  • Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,
    ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ
    Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.
  • Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ
    Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.

  • Dari ‘Aisyah, beliau mengatakan,

    إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.

Unknown

Unknown

1 comment:

Powered by Blogger.